-->

KATA-KATA HIKMAH ABDULLAH BIN MAS’UD



Assalamu’alaikum..,

Abdullah bin Mas’ud adalah sahabat Nabi yang tergolong ke dalam Assabiqunal Awwalun atau golongan pertama yang masuk islam. Menurut riwayat Abdullah bin Mas’ud merupakan orang yang keenam masuk Islam.

Abdullah bin Mas’ud juga dikenal sebagai orang yang pertama membaca Al qur’an  dengan suara merdu di depan orang-orang  kafir Quraisy. Bacaan Al Quran yang beliau  baca adalah Surah Ar Rahman.

 Beliau terus melanjutkan bacaan sambil melihat ke arah wajah mereka.  Hingga ada dari salah satu dari kafir Quraisy berkata “yang dibacanya itu adalah yang dibaca oleh Muhammad”.  Akhirnya para kafir Quraisy bangkit dan memukuli Abdullah bin Mas’ud hingga babak belur, namun begitu Abdullah bin Mas’ud tetap melanjutkan bacaannya.

Walaupun para sahabat lainnya mengkhawatirkan kondisi Abdullah bin Mas’ud, namun hal ini tentu saja tidak mematahkan keberanian dalam dirinya. Bahkan beliau berkata” seandainya kalian menghendaki, aku akan menghampiri mereka lagi dan melakukan hal yang sama besok hari”. Tetapi sahabat yang lain tidak mengizinkannya.

Abdullah bin Mas’ud memiliki kecerdasan dan keshalehan yang luar biasa. Umar bin Khattab pernah berkata tentang sosok dirinya “ Sungguh, ilmunya tentang fikih sangatlah luas. Abu Musa Al-Asy’ari juga pernah mengatakan “jangan tanyakan kepada kami sesuatu masalah, selama orang ini (Abdullah bin Mas’ud) berada di antara kalian.”

Pada kesempatan yang lain Abu Musa Al-Asy’ari juga pernah memuliakan sosok Abdullah bin Mas’ud ”Setiap saya melihat Rasulullah SAW, Ibnu Mas’ud pasti berada disisinya.” Hal ini menandakan Abdullah bin Mas’ud sangat dekat dengan Rasulullah dan memiliki ilmu yang luar biasa.

Berikut ini adalah beberapa kata-kata hikmah dari Abdullah bin Mas’ud:
Sebaik-baik kekayaan ialah kaya hati
Sebaik-baik perbekalan ialah takwa
Seburuk-buruk kebutaan ialah buta hati
Sebesar-besar kejahatan ialah berdusta
Sejelek-jelek pekerjaan ialah memungut riba
Seburuk-buruk makanan ialah memakan harta anak yatim
Siapa yang memaafkan orang, Allah akan memaafkannya
Siapa yang mengampuni orang lain, Allah akan mengampuninya.

Semoga bermanfaat..,
***

0 Response to "KATA-KATA HIKMAH ABDULLAH BIN MAS’UD"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel